Friday, June 3, 2016

Wellness : Menyembuhkan Radang Tenggoroak atau Gejala Batuk dan Flu

Kali ini saya mau sharing mengenai cara tradisional untuk menyembukan radang tenggorokan ataupun gejala batuk dan flu. Kalau menurut saya gejala-gejala ini hampir sama malah terkadang kita suka sulit membedakan antara radang tenggorokan maupun gejala batuk dan flu.

Biasanya radang tenggorokan dimulai dengan tenggorokan tidak enak, susah untuk menelan sesuatu, sering haus dan jika dilihat kedalam mulut terlihat berwana merah disertai bercak keputihan. Serupa dengan gejala batuk dan flu yang akan kita rasakan seperti susah menelan, tenggorokan pun akan terasa tidak enak.

Kalau sudah timbul gejala-gejala seperti ini memang jangan dibiarkan terlalu lama atau langsung menegak obat. Karena sebenarnya ini penyakit ringan dan kalau kita segera sembuhkan tidak akan berlama-lama penyakit ini hinggap di tubuh kita.



Biasanya saya kalau mulai tenggorokan tidak enak dimulai dengan lemon dan madu plus ditambah air panas. Kalau saya biasanya menggunakan setengah buah lemon diperas (sekitar 4-5 sendok makan) dengan 2 sendok makan madu ditambah air hangat. Saya minum dalam kondisi hangat sambil diseruput pelan-pelan.

Selain perasan lemon dengan madu, saya juga mengkonsumsi jahe. Ya, air jahe direbus dengan gula merah dan daun pandan. Rasanya hangat dan manis plus tambahannya wangi daun pandan. Ini selain nikmat tapi ternyata sehat juga. Dan kalau tenggorokan mulai terasa tidak enak, ini akan menjadi andalan saya sekali. Rasanya seperti kuah kembang tahu bagi yang tahu kembang tahu :)

Dan yang terakhir adalah teh hangat. Untuk yang sedang sakit tenggorokan seperti ini lebih disarankan untuk mengkonsumsi Chamomile. Karena chamomile memiliki kandungan khusus untuk meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

Biasanya kalau rutin saya minum di saat tenggorokan mulai tidak enak, 2-3 hari rasa sakit pada tenggokan langsung hilang dan saya kembali fit seperti sedia kala.

Dan resep tradisional ini sangat bermanfaat disaat cuaca yang tiba-tiba panas dan tiba-tiba hujan seperti sekarang ini. Karena rasanya banyak sekali virus-virus bertebaran.

Semoga resep sekedarnya ini bisa menjadi bermanfaat.

Semoga selalu fit..!


-RP-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...