Saturday, May 28, 2011

Wisata ke pulau tidung..

Kayanya sudah banyak sekali ya yang menulis cerita mengenai perjalanannya ke pulau tidung yang terletak di Kepulauan Seribu. Sudah banyak sekali cerita maupun itinerary yang saya dapat dari mbah google mengenai Pulau Tidung tetapi kali ini saya mau bercerita mengenai Pulau Tidung menurut versi saya. Sebenarnya sudah lama sekali ingin ke Pulau Tidung itu, udah banyak browsing banyak baca cerita dari mbah google juga mengenai pulau tidung ini tapi banyak yang takut nyebrang ke pulau tidung itu. Maklum untuk mencapai pulau tidung, kita harus naik kapal selama kurang lebih 2,5 jam dari muara angke. Dan akhirnya saya bersama-sama teman kuliah saya yang suka liburan ala backpackeran berangkat juga ke Pulau Tidung.

Banyak sekali halangan sebelum saya berangkat ke Pulau Tidung mulai dari saya sakit sampai dengan cuaca buruk sehari sebelum keberangkatan saya ke pulau tidung tetapi akhirnya terlewati sudah dan saya berangkat juga ke pulau tidung. Pengalaman pertama buat saya menyebrangi pulau melalui muara angke dengan kapal sederhana tetapi pengalaman ini memperkaya hidup saya. Berangkat pagi-pagi sekali dari rumah saya di Bintaro tidak membuat saya terlelap dikapal. Dan saya beruntung sekali ditengah-tengah perjalanan menuju pulau tidung saya dan temannya sempat melihat ke atas kapal tersebut dan mengobrol disana, disela-sela kami mengobrol ada pemandangan yang luar biasa yaitu kita melihat ikan lumba-lumba. Benar-benar menyenangkan sekali melihat lumba2 menari di tengah laut dan kita bisa menikmatinya. Dan sesampainya di Pulau Tidung saya sangat bersyukur sekali karena saya mendapatkan tempat tinggal yang nyaman disertai kamar mandi yg bersih sekali.
Setelah istirahat sebentar, kami langsung melakukan aktifitas bersepeda berkeliling pulau tidung walaupun sepedanya tidak terlalu nyaman untuk digunakan tetapi saya berusaha selalu menikmati apa yang ada walaupun selalu ada penyesuaian. Menikmati bersepeda melalu jalan setapak dan sampailah di suatu tepi pantai. Hamparan pasir putih dengan air bening. Sungguh, pemandangan yang menyejukkan mata saya. Indah!! Jakarta punya juga yang seperti ini. Menuju ke pinggir pantai pun masih ada semak2. Bau semak beserta daun dan pantai bercampur jadi satu. Menyenangkan!!

Setelah itu kami kembali ke rumah untuk makan siang dan dilanjutkan dengan snorkeling. Snorkeling menggunakan pahu kelotok atau perahu kayu untuk nelayan sangat menyenangkan dan setelah tiba di spot. Saya tidak menyangka bahwa keindahan dibawah laut di bawah pulau payung sungguh indah. Menyesal sekali kenapa saya tidak menyewa kamera underwater ya. Tadinya saya berpikir bahwa snorkeling di Pulau Tidung seperti di Tanjung Benoa Bali ternyata persepsi saya salah besar. Spot Snorkling saya kali ini terletak di Pulau Payung dan Pulau Tidung Kecil. Setelah snorkeling puas dilanjutkan dengan menikmati jembatan cinta yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Banyak yang mencoba keberaniannya untuk melompat ke dalam air dari ketinggian 7 meter. Rasanya saya ingin sekali mencoba tetapi saya rasa nyali saya belum seberani itu walaupun saya piker kapan lagi saya mencoba hal seperti itu tapi lagi-lagi saya piker sudah lah saya belum ada keberanian untuk itu semua. Hahahaha.. Ternyata rasa takut selalu menang di dalam diri saya.
Hari pun mulai larut dan kita kembali ke dermaga dimana kita menaruh sepeda. Sepertinya hari itu saya tidak beruntung melihat sunset seperti yang diceritakan banyak orang melalui mbah google bahwa sunset Pulau Tidung begitu indah karena cuaca yang mendung dan berawan. Setelah sampai di rumah penginapan dan beristirahat sebentar dan sempat makan malam yang sudah disediakan lalu berlanjut lagi dengan acara BBQ. Bukan BBQ seperti yang dibayangkan. Disini kita makan ikan di pinggir pantai. Dan pantainya pun bukan pantai yang seharian dilihat tapi dari sisi lain. Sayang sekali di sisi ini saya melihat pantai yang kotor. dan terdapat sampah di pinggir pantai itu. Benar-benar perilaku orang Indonesia. Bukan saya tidak bangga menjadi warga Indonesia tetapi kadang memang harus ada perilaku-perilaku yang harus dirubah. Seperti yang paling utama adalah membuang sampah sembarangan. Kalau lingkungan kita bersih sebenarnya kan kita juga yang menikmati. Tapi beruntungnya saya malam itu saya melihat bulan yang posisinya diatas laut. Indah sekali dan dengan sangat menyesal batere kamera saya habis. Moment yang langka banget dan saya tidak bisa mengabadikannya. Seseruan dan ketawa-ketawa bareng sambil makan ikan di pinggir pantai sangat menyenangkan.

Hari pun berlalu dan sudah memasuki hari kedua saya berada di Pilau tidung. Kalau dilihat dari rundown acaranya seharusnya pagi hari kita melihat sunrise di tepi pantai tetapi sepertinya semua teman saya teler sehingga baru bangun sekitar jam 6-7 pagi. Itu juga kita masih santai-santai sambil menonton tv dan ada juga yang belum bangun. Akhirnya hari itu kita menikmati jalan di jembatan cinta menuju tidung kecil. Banyak sekali kayu-kayu yang sudah rapuh sehingga kita harus hati-hati sekali. Yang ada sepanjang perjalanan menuju tidung kecil kita memperhatikan kayu-kayu tersebut tanpa menikmati pemandangannya. Saya rasa ada baiknya jika banyak wisatawan kesana pemerintah mulai memperhatikan juga lingkungan serta sarana yang ada.

Pulau Tidung, pulau yang indah dengan segala kelebihan dan kekurangan pastinya. Tetapi dengan banyaknya wisatawan dari kota istilah mereka (karena masih sama-sama masuk wilayah DKI Jakarta) yang pasti menumbuhkan ekonomi untuk masyarakat Pulau Tidung sendiri. Walaupun setelah saya lihat banyak sekali pengelola itu bukan berasal dari pulau tidungnya sendiri tetapi lebih orang Kota Jakarta yang rata-rata memang lebih memikirkan diri sendiri. Jadi yang kaya yam akin kaya yang susah ya makn susah ya. Memang tidak dapat dipungkiri mereka yang menjadi masyarakat Pulau Tidung juga menikmati keuntungannya tetapi saya rasa persentasenya lebih banyak pengelelola yang notabene orang kota sendiri yg menikmati. Tetapi pengalaman pulau tidung ini memperkaya hidup saya.