Wednesday, December 19, 2018

Wellness & Recipe : Wedang Jahe ( a hot ginger drink)

Setelah kemarin saya share mengenai resep sederhana dan umum untuk melawan cuaca yang sedang 'tidak sehat' ini, hari ini saya mencoba untuk share kembali mengenai minuman yang cocok untuk cuaca hujan seperti sekarang ini. Dan apalagi kalau bukan 'wedang jahe'. Sederhana tetapi memang sejuta manfaat buat saya. Selain meredakan gejala batuk dan flu, juga untuk menghangatkan tubuh dan menambah energi.


Resep sederhana ini, hanya membutuhkan jahe dan gula merah, biasanya saya menambahkan daun pandan tetapi karena tidak sempat membeli daun pandan, jadi dua bahan ini pun sudah cukup.


Yang pertama, pasti kupas jahe dan cuci bersih jahe, lalu dipotong untuk supaya lebih mudah digeprek, ini saya geprek satu-satu ya, supaya sarinya keluar.


Setelah jahe selesai dibersihkan dan digeprek, masukkan kedalam panci lalu haluskan gula merah, supaya lebih mudah larut di dalam air, kalau saya untuk satu jahe yang cukup besar, memakai 1,5 gula merah. Kalau kurang manis, bisa ditambahkan ya gula merahnya.


Lalu, rebus dulu jahenya sampai kira-kira panas baru masukkan gula merahnya, karena gula merahnya cepat larut kalau sudah dihaluskan.


Tunggu sampai benar-benar mendidih dan semua gulanya larut dalam air, koreksi rasa supaya memang sesuai dengan diinginkan.


Lalu masukkan ke dalam jar kaca, ini bisa langsung diminum atau jika bikin dalam takaran yang lebih banyak bisa disimpan di dalam kulkas, tapi pastikan sampai suhu ruangan, baru dimasukkan ke dalam kulkas. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan atau akan diminum lagi bisa dihangatkan kembali.

Semoga resep sederhana ini bisa bermanfaat terutama disaat musim hujan seperti ini. Bisa mencegah batuk dan pilek atau meringankan gejala radang tenggorokan.

Semoga bermanfaat ya..!

xoxo,
-RP-


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...