Friday, June 9, 2017

Stories : Ramadhan Kareem


Memasuki Bulan Puasa ini, saya atas nama pribadi ingin mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi teman-teman yang menjalankannya. Semoga Ibadah Puasa kita di Bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT dan kita mendapatkan pahala yang terbaik dari Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.

Ramadhan kali ini buat saya berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, pertama kali saya bekerja di saat bulan Ramadhan. Karena di tahun-tahun sebelumnya saya menjalankan bisnis, sehingga saya memang bisa mengatur waktu saya sendiri. Sehingga biasanya mendekati Bulan Ramadhan, saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga di saat Bulan Ramadhan saya bisa full ibadah.

Bulan Ramadhan hanya datang 1 bulan selama setahun yang kita jalani. Dimana bulan baik ini, Allah seperti memberi hadiah untuk umat-Nya untuk mendapat kemudahan dalam segi pahala. Allah menjanjikan banyak hal yang baik di Bulan ini. Sehingga, kita sebagai manusia wajib memanfaatkan dan mengerahkan segala tenaga kita untuk mendapat pahala yang terbaik dari Allah SWT.

Saya selalu mempunyai prinsip, ketika memasuki Bulan Ramdhan, stop 'mengejar' segala sesuatu yang bersifat duniawi. Mari kerahkan jiwa dan raga kita hanya untuk Allah SWT. Memafaatkan setiap detik dan menit kita untuk mengingat Allah. Untuk me-review hidup kita selama ini. Hidup yang saya yakin masih banyak kekurangannya dan masih banyak sekali dosanya.

'Mencari muka' di hadapan Allah selama Bulan Ramadhan adalah benar-benar saya jalani. Saya belajar banyak mengenai hal agama, yang mungkin selama ini tertinggal dan masih jauh dari sempurna bahkan dari baik sekalipun. Dari Ramadhan satu ke Ramadhan berikutnya saya melihat progress dari ilmu agama atau pemahaman saya mengenai agama, yang mungkin memang masih jauuuuhh di bawah baik, tetapi ada sedikit perubahan ke arah lebih baik.

Tetapi Ramadhan kali ini benar-benar berbeda, saya harus 'sedikit' mengorbankan waktu saya untuk keperluan pekerjaan. Untuk melaksanakan tanggung jawab saya di duniawi, di depan atasan saya.

Berat? Iya, sangat berat. Batin saya yang berat pada awalnya. Tetapi saya mulai berpikir, jika kita niatkan bekerja untuk ibadah, untuk mendapat Ridho dari Allah SWT, InshaAllah yang kita lakukan selama ini tidak akan sia-sia.

Jadwal Tadarus harus saya tinggalkan untuk bekerja, saya ganti dengan membaca Al-Quran seorang diri, mungkin tidak akan secepat dan sekonsisten jika dibaca secara bersama-sama tetapi paling tidak saya mengusahakan yang terbaik.

Dan semoga Allah mencatat usaha saya yang kecil ini menjadi suatu pahala tersendiri buat saya.

Untuk teman-teman di luar sana, tetap semangat menjalankan Ibadah Puasanya ya. Luangkan waktu lebih untuk 'mencari muka' di hadapan Allah SWT. Sehingga kita tidak merasakan sia-sia melewati Bulan Ramadhan ini dan kita bisa terus bertemu dengan Bulan Ramadhan selanjutnya, selanjutnya dan selanjutnya lagi.




xoxo,
-RP-




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...