Saturday, January 16, 2016

Wellness : Manfaat Kefir untuk Kecantikan dan Kesehatan


Beberapa hari yang lalu saya minum kefir dari Gyros Alley, dan penasaran sekali dengan kefir ini. Pernah dengar dari social media, kefir biasa digunakan untuk masker yang dipopulerkan oleh Ina Thomas yang memang concern terhadap kecantikan wanita.

Nah, kalau untuk definisi dari kefir sendiri, kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus. Cara pembuatannya adalah dengan memasukkan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. (wikipedia)

Dan ini adalah beberapa manfaat kefir untuk kesehatan :

  • Mengandung bakteri probiotik yang diketahui bisa membantu menyehatkan saluran pencernaan. Membantu memperlambat proses penuaan, menyembuhkan sakit maag, diabetes, mencegah infeksi saluran urine
  • Membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner, menurunkan kolesterol
  • Mengurangi resiko kanker saluran pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh
  • Membantu penderita lactose intolerance untuk mendapatkan manfaat gizi dari susu, karena pada susu fermentasi seperti kefir, lactosa yang ada sudah dipecah jadi aman dikonsumsi
  • Sebagai "obat", kefir berkhasiat menyembuhkan tuberkulosis (TB), sinusitis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma, radang usus, sembelit, bronkitis, dan juga memperbaiki tulang yang retak atau patah.
  • Gangguan eksim, kelainan ginjal, asam urat, reumatik, osteoporosis, kolesterol, tekanan darah tinggi atau rendah, diabetes, migrain, dan sakit kepala, serta insomnia dan stress pun dapat diredakan dengan konsumsi kefir secara rutin.
  • Mampu meningkatkan fungsi kerja lambung dan fungsi pencernaan, serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, baik bagi bayi, anak-anak dan orang dewasa 
sumber dari sini

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari kefir, tapi sayangnya selain di GYROS ALLEY saya belum pernah menemukan kefir lagi dan belum pernah minum juga. Nah, kalau ada info lain mengenai kefir ini boleh ya sharing-sharing. Semoga bermanfaat :)






xoxo,
-RP-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...