Tuesday, August 23, 2016

Travel : UMROH (Part IV)

Part terakhir dalam perjalanan Umroh saya kali ini. Disini saya hanya mau share item-item wajib apa yang harus dibawa jika kamu Umroh, apalagi kamu Umroh untuk pertama kalinya. Karena saya pun browsing kesana kemari dan tanya ke teman-teman yang sudah Umroh, apa saja yang harus dibawa selama perjalanan Umroh.


Dan inilah yang menurut saya item penting yang dibawa selama Umroh :


1. Tas.

Yang pasti tas yang memuat segala perintilan kamu ya.. Diusahakan tas bertali panjang, supaya lebih praktis.


2. Tas Kecil.

Bawa tas kecil. Ini penting, terutama saat kamu menjalankan Ibadah Umroh. Jadi kamu bisa membawa barang-barang yang penting saja di tas kecil kamu ini.

3. Kacamata.
Kacamata selain untuk menangkal panasnya matahari, bisa juga buat kamu kalau lagi mau foto :)
Karena kalau saya pribadi, selama melakukan perjalanan Umroh tidak bermake-up sama sekali. Jadi kacamata ini cukup penting.

4. Sunblock.
Ini juga tidak kalah penting. Mengingat matahari di Makkah maupun Madinah cukup terik, jadi jangan lupa bawa sunblock.

5. Al Quran.
Jelas ini pun wajib dibawa untuk mengisi waktu luang kamu menunggu sholat selanjutnya di dalam Masjid, kamu bisa membaca Al-Quran. Bawa yang mungil supaya praktis.

6. Notes kecil.
Ini untuk mencatat seluruh doa-doa yang akan kamu panjatkan ataupun bacaan pendek atau apapun yang bisa kamu catat di notes ini, jadi tidak perlu banyak membawa buku doa disana :)


7. Sarung Tangan Sholat.

Ini praktis sekali untuk kamu sholat. Jadi kemana-mana tidak perlu bawa mukena. Saya selama Umroh memang membawa baju abaya semua dengan kerudung panjang dan setiap sholat saya hanya tambahkan sarung tangan sholat plus kaos kaki. Praktis sekali.

Dan selama perjalanan 9 hari, saya membawa baju abaya dan kerudung panjang sebanyak 10 buah (itupun kebanyakan). Karena memang setiap hari rata-rata kita memakai baju 1 untuk seharian. Alasan saya memakai abaya dan kerudung panjang tidak lain untuk mempermudah kita sholat. 

8. Kaos Kaki.
Ini pun juga peralatan tempur untuk memudahkan kamu sholat disana dan saat Ibadah Umroh memang wanita diwajibkan memakai kaos kaki.

9. Botol Minum.
Ini untuk mengisi air zam-zam. Saya tidak menyarankan botol minum yang seperti saya bawa, yang flip seperti ini. Karena rawan tumpah, saya pun sempat ketumpahan isi tas saya karena botol minum ini tebuka di dalam tas.

10. Masker.
Yang tidak terfoto, tetapi penting. Karena di Arab memang itu banyak sekali pasir, dan di Makkah pun banyak sekali pembangunan. Jadi sangat disarankan sekali memakai masker supaya hidungnya tidak berdarah :)

Semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian yang akan melakukan perjalanan Umroh pertama kalinya dan bingung, barang-barang apa saja yang harus dibawa selain kesiapan hati dan pikiran tentunya.




xoxo,
-RP-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...